TIMES BANJAR, BALI – Komitmen pada pengembangan talenta lokal menjadi jantung dari filosofi Nakula yang kali ini mengkreasikan ulang lanskap perhotelan Bali dengan pendekatan berbasis nilai yang berakar pada kepercayaan, dampak lokal, dan pertumbuhan berkelanjutan.
Di tengah industri yang sarat didominasi oleh entitas multinasional, Nakula tampil sebagai perusahaan manajemen properti dan perhotelan asal Indonesia yang menjadikan talenta lokal, keberlanjutan jangka panjang, dan keberhasilan bersama sebagai fondasi utama.
Selama lebih dari dua belas tahun perjalanannya, perusahaan yang berbasis di Bali ini kini mengelola lebih dari 70 properti mewah mulai dari vila eksklusif hingga hotel butik dengan seluruh operasional dijalankan oleh lebih dari 80 anggota tim profesional lokal.
“Kami bangga menjadi perusahaan yang dibangun oleh orang Indonesia. Kami percaya bahwa pertumbuhan berkelanjutan selalu berakar dari rumah sendiri,” ungkap Christian Sunjoto, CEO Nakula, Kamis (15/5/2025).
Nakula menerapkan model manajemen properti berbasis kinerja yang menyelaraskan keberhasilan perusahaan dengan profitabilitas bersih pemilik properti.
Model ini secara fundamental berbeda dari pendekatan tradisional yang hanya berfokus pada pendapatan bermodel top-line.
“Pertumbuhan kami hanya akan terjadi apabila mitra kami turut berkembang. Karena itu, seluruh keputusan operasional, mulai dari penentuan strategi harga hingga optimalisasi pengalaman tamu," tuturnya.
Bali, keunggulan Nakula terletak pada pemahaman yang mendalam terhadap pasar lokal serta kemampuan untuk bergerak cepat.
“Kami tahu apa yang sedang tren, apa yang berubah, dan kami bisa bertindak segera, Kami dapat meluncurkan properti baru hanya dalam dua minggu," tukas Christian.
Ketangkasan ini didukung oleh operasional internal yang mencakup pemasaran, layanan tamu, hingga sistem manajemen properti berbasis teknologi yang memberikan transparansi serta akses data performa dan insight yang real-time kepada para pemilik.
Melalui pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi dengan komunitas sekitar, Nakula tak hanya menghadirkan layanan kelas dunia, tetapi juga memperkuat ekosistem ekonomi lokal.
“Selama perusahaan ini terus berjalan dengan sehat, tujuan kami adalah menjadi market leader yang membuka lapangan pekerjaan berkualitas bagi masyarakat lokal. Semoga langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku industri lainnya untuk melakukan hal serupa,” tuturnya.
Langkah konkret Nakula dalam bidang keberlanjutan juga menjadi prioritas. Terinspirasi oleh filosofi Tri Hita Karana, Nakula menjunjung harmoni antara manusia, alam, dan spiritualitas.
Dari penghapusan plastik sekali pakai, penyediaan amenities ramah lingkungan, hingga penggunaan panel surya dan sistem daur ulang air setiap inisiatif dihadirkan sebagai standar, bukan pengecualian.
Salah satu properti unggulan Nakula, Amarta Beach Retreat di Tabanan, menjadi perwujudan nyata prinsip-prinsip ini. Dengan arsitektur hijau dan pendekatan operasional yang menyatu dengan alam, Amarta menghadirkan pengalaman menginap yang selaras dengan lingkungan.
Di sisi lain, kemitraan dengan komunitas seniman, institusi pariwisata, dan program pendidikan turut menguatkan warisan budaya Bali dan mendukung regenerasi profesional di sektor perhotelan.
Dua belas tahun sejak didirikan, Nakula terus menapaki langkah dengan keyakinan yang tenang namun pasti.
“Bagi kami, bila perusahaan menghasilkan keuntungan, maka biarkan keuntungan itu membuka kesempatan kerja dan membantu anak-anak menempuh pendidikan. Itulah makna sukses yang sesungguhnya,” tutur Christian dengan penuh refleksi.
Dengan pendekatan yang berpusat pada manusia dan visi jangka panjang yang matang, Nakula tidak sekadar menciptakan pengalaman menginap yang istimewa lebih dari itu, Nakula sedang membentuk lanskap baru bagi perhotelan lokal yang bertanggung jawab, berdampak, dan berakar kuat di tanah kelahirannya di Bali.
Didirikan pada tahun 2012, Nakula adalah perusahaan manajemen properti dan perhotelan yang berbasis di Bali, mengkhususkan diri pada pengelolaan vila mewah, kompleks vila, dan hotel butik.
Dengan lebih dari 70 properti di destinasi utama Bali, Nakula menawarkan layanan menyeluruh bagi pemilik properti yang menginginkan performa operasional unggul dan profitabilitas jangka panjang.
Melalui model bisnis berbasis pembagian keuntungan bersih (profit-sharing), Nakula memastikan keberhasilan perusahaan berjalan beriringan dengan kesuksesan mitra properti.
Semua fungsi inti mulai dari pemasaran hingga operasional harian dikelola secara internal, menjamin konsistensi dan efisiensi.
Seluruh tim Nakula berasal dari Indonesia dan berbasis di Bali, membawa pemahaman lokal yang tajam serta kemampuan onboarding properti secara cepat.
Sebagai entitas yang bertanggung jawab, Nakula berkomitmen terhadap praktik ramah lingkungan, pelestarian budaya Bali, serta menciptakan pengalaman menginap yang berkesan sekaligus bermakna. (*)
Pewarta | : Sussie |
Editor | : Hendarmono Al Sidarto |