https://banjar.times.co.id/
Berita

Tetapkan DPT 154.425 Pemilih, KPU Kota Banjar Terima Saran Perbaikan Bawaslu

Rabu, 18 September 2024 - 20:32
Tetapkan DPT 154.425 Pemilih, KPU Kota Banjar Terima Saran Perbaikan Bawaslu KPU Kota Banjar menerima saran dan masukan perbaikan DPT. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMES BANJAR, BANJARKPU Kota Banjar menetapkan Daftar Pemilih Tetap tingkat Kota Banjar untuk Pilgub dan Pilwalkot di rapat pleno terbuka yang digelar hari ini, Rabu (18/9/2024).

Rekapitulasi DPT Kota Banjar di 4 kecamatan dengan 25 Desa/Kelurahan di rinci Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Muhklis.

"Dengan jumlah 285 TPS, terdata pemilih berjenis kelamin laki-laki sebanyak 76.828 dan perempuan sebanyak 77.597 dengan total jumlah pemilih sebanyak 154.425 pemilih," rincinya.

KPU juga menerima masukan data dari Bawaslu Kota Banjar perihal saran perbaikan dimana ditemukan adanya dugaan pemilih ganda yang terdata di Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis karena memiliki 2 NIK dengan data yang berbeda.

Selain itu, ditemukan masih banyak pemilih yang sudah meninggal dunia tapi masih terdaftar sebagai pemilih tetap karena belum dilengkapi surat akte kematian ke Disdukcapil sehingga datanya tidak terhapus di sistem.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar mengungkap bahwa berdasarkan patroli pengawasan Bawaslu, masih ditemukan orang yang sudah meninggal dunia yang masuk di DPT.

Kami juga menerima aduan melalui Posko pengaduan kawal hak pilih dimana ada yang belum masuk dalam DPT dan DP4," bebernya.

Pihaknya memberikan saran dan masukan perbaikan kepada KPU untuk mencoret daftar pemilih yang harusnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan memasukan yang sudah memenuhi syarat.

Lebih rinci, Rudi menyebut ada sekitar 3 orang yang belum masuk DPT dan 2 orang yang sudah meninggal dunia.

Sementara temuan satu warga yang memiliki 2 KTP dengan data berbeda, pihaknya bersama KPU masih melakukan penelusuran.

"Yang bersangkutan sudah terdata di Ciamis dan di Banjar. Nanti kami bersama-sama dengan KPU akan mendatanginya," jelasnya. (*)

Pewarta : Susi Artiyanto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banjar just now

Welcome to TIMES Banjar

TIMES Banjar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.